Tuesday, February 02, 2010

CARA SETTING GMAIL DAN OUTLOOK EXPRESS

Dear Mas Saladin,

Ini Email ku.

Setting POP sudah saya setting di Outlook 2003.
Jawab : Saran saya Setttinglah POP3 dengan menggunakan Outlook Express Versi 6. Untuk Setting POP3 pada GMAIL adalah sbb :
a. Setelah Outlook Express terbuka, masuk pada menu Tool, klik sub menu Accounts
b. Pilih E-mail Gmail yang sudah anda Buat, masuk ke Properties, sub menu server isi POP3 = pop.gmail.com
c. Setting POP3, sebelum bisa digunakan di Outlook Express harus diset di Webmail G-mail pada option pilih Unduh POP3 (di centang) lalu di save, setelah itu logout, kemudian baru bisa digunakan dengan membuka ulang OE Versi 6.

untuk POP3 bisa ketarik, tetapi untuk kirim nggak bisa kekirim terpaksa harus masuk Webmail. Sudah saya coba berkali-kali nggak nggak bisa..!
Jawab : Selanjutnya agar bisa mengirim pada sub menu server isi
a. SMTP = smtp.gmail.com
Agar bisa mengirim lihat pada sub menu advance
Isi pada bagian server port number,
b. Out going Mail (SMTP) = 465 (Centang pada kotak box untuk mengaktifkan SSL)
c. Incoming mail (POP3) = 995 (Centang pada kotak box untuk mengaktifkan SSL)
Jadi nggak perlu masuk webmail yang selalu online, tapi bisa offline dengan Outlook Express Ver.6

Ada beberapa pertanyaan?
Saya belum terbiasa pakai Outlook, create email bagaimana cara setting agar format awal sudah ada Dear..... & Best Regard atau wassalam + alamat email muncul.
Jawab : Itu namanya Signature, ikuti langkah berikut :
a. Setelah OE Ver.6 terbuka masuk pada menu Tools, sub menu Option, pilih menu Signature, centang pada signature setting untuk menambahkan tanda tangan anda saat akan mengirim surat
b. Klik tombol New pada bagian signature, setelah itu muncul kalimat : signature #1 default signature.
c. Perhatikan pada bagian Edit Signature ada dua pilihan yaitu type Text dan File.
c.1. Type Text = kita bisa menuliskan langsung seperti yang anda inginkan, kemudian pilih tombol set defaut atau memilih untuk account tertentu kalau anda mempunyai lebih dari 1 account e-mail.
c.2. Type File = Kita bisa buat sebelumnya misalkan memakia notepad dengan extensin txt (contoh : ttd.txt) yang sudah disimpan di folder tertentu, untuk itu cari dan letakkan dengan menekan tombol browse, pilih file yang sudah anda buta dengan notepad tadi.

di outlook saya pakai ada 3 email account, Bagaimana caranya setting email agar masing-masing email masuk ke foldernya masing-masing secara otomatis. 
Jawab : Agar e-mail yang masuk bisa ke foldernya masing-masing kita harus setting dengan cara menfilter (Create Rule). Caranya :
a. Klik atau pilih e-mail yang masuk contoh dari milist D3MITS (yang pengirimnya dari banyak personal).
b. kemudian pilih menu utama pada Outlook Express pada menu Message, pilih sub menu Create rule from message, maka akan muncul jendela :
b.1. Select the condition for your rule
b.2 Select the action for your rule.
b.3 Rule Discription
b.4 Name Of the Rule
c. Contoh : agar e-mail yang bertanda D3MITS masuk ke folder yang sebelumnya kita buat dengan nama misal : ALUMNI, maka ikuti setting berikut :
c.1 pilih pada select the condition ... (item b.1), centang box Where the subject line contain spesifik word saja, lalu perhatikan pada rule discription ( item b.3), klik yang bertuliskan contain spesific word, lalu isi type spesific word dengan kalimat D3MITS, lalu tekan tombol add, maka kalimat D3MITS akan masuk pada jendela Word, kemudian tekan Ok.
c.2. Pilih pada select the action ... (item b.2), centang box Move it to the spesific folder, lalu perhatikan pada rule discription (item b.3), klik yang bertuliskan spesifik lalu pilih folder ALUMNI (yang sudah kita buat sebelumnya) yang nantinya setiap e-mail yang masuk bersubject [D3MITS] akan di pindah di folder ALUMNI.
d. Setelah itu perhatikan item b.4 (name of the rule), isi dengan nama Alumni, kemudian tekan Ok.
e. Perhatikan, setelah semua sudah kita setting, pada meu utama Tools, pilih sub menu message rule ==> Mail, setting yang sudah kita buat akan tertampil di daftar Mail Rules (disini anda bisa mengedit atau modifikasi lagi apabila belum sesuai).

Thanks banyak
Jawab : Sama-sama pak, selamat mencoba semoga sesuai seperti yang diinginkan, dan tolong kalau sudah bisa di kabari, See You

Wassalam.
Jawab : Walaikumsalam
Konco Lawas,
Saladdin A.

1 comment:

nhanhoeng.blogspot.com said...

Asslkm.wr.wb om saya udah coba settingan untuk gmail di Outook express, untuk menerima oke, tetapi untuk mengirim masih belum bisa, sementara untuk account yahoo tidak ada masalah, apakah ada trik khusus kalau dalam satu outlook express ada 2 account. trimakasih om sebelumnya (saya sertakan pesan setelah pengiriman)
The connection to the server has failed. Account: ‘nhanhoenk@gmail.com’, Server: ‘smtp.gmail.com’, Protocol: SMTP, Port: 465, Secure(SSL): Yes, Socket Error: 10060, Error Number: 0x800CCC0E

sama satu lagi saya sudah buat folder khusu untuk alamat gmail, kenapa emailnya tetap masuk di inbox ya om.

Trimakasih

Wass.wr.wb